default feature image blog.cubicless.com

Instalasi Python

Kamu perlu untuk menginstal Python di sistem operasi di komputermu. Meskipun Python 2 masih bisa diunduh, saya sangat menyarankan untuk menggunakan Python 3 karena Python 2 sudah tidak didukung lagi oleh Python Software Foundation (organisasi non-profit yang mengembangkan Python).

Kunjungi halaman Download Python untuk mengunduh file instalasi. Alih-alih kamu menekan tombol warna oranye “Download Python 3.x.x”, sebaiknya kamu memilih menu “Download” dan memilih submenu menuju halaman unduhan untuk masing-masing sistem operasi.

Halaman beranda python.org

Setelah itu kamu akan berada pada halaman unduhan Python. Ada banyak opsi yang mungkin membuatmu bingung harus mengunduh yang mana. Tapi Aku menganjurkan hampir ke semua orang untuk mengunduh Python dengan versi satu tingkat minor lebih rendah dari yang terbaru. Misal pada saat entri ini ditulis, versi Python terbaru adalah Python 3.8.3, sehingga saya mengunduh Python 3.7.8. Pilih dan unduh Windows x86-64 executable installer, pilihan lain tidak kamu butuhkan sekarang.

Halaman unduh Python untuk Microsoft Windows

Mengapa memilih versi yang lebih rendah? Karena rilis versi terbaru, terkadang belum didukung oleh sebagian package. Misal, package Tensorflow pernah tidak dapat ditambahkan pada Python versi 3.8.x. Juga ada baiknya untuk mengunduh versi 64 bit. Jangan mengunduh versi 32 bit kecuali komputermu memiliki sistem operasi 32 bit. Beberapa package, contohnya Tensorflow tidak bisa dipasang di Python versi 32 bit meskipun dijalankan di sistem operasi 64 bit.

Jalankan berkas instalasi Pythonnya. Tampilannya akan seperti ini:

PLACEHOLDER

Perhatikan tulisan di jendela instalasi. Pastikan kamu mengunduh berkas instalasi yang benar. Kecuali kamu terbiasa menggunakan Python, centang opsi “Add Python 3.8 to Path” supaya Python dapat dijalankan di terminal tanpa harus berpindah direktori. Ikuti prosedur instalasi sampai selesai.

Jika Python berhasil diinstal, maka kamu bisa menjalankannya di terminal. Buka command prompt di Windows, atau program terminal yang serupa di sistem operasi lainnya. Ketikkan python dan taraaaa!!!! terminal akan mencetak informasi Python yang berjalan di komputermu:
Python 3.8.3 (tags/v3.8.3:6f8c832, May 13 2020, 22:37:02) [MSC v.1924 64 bit (AMD64)] on win32

Jendela terminal untuk menjalankan Python

Cobalah ketikkan perintah print berikut:

>>> print('Hello there!') Hello there!
Code language: Python (python)

Baris pertama adalah printah yang kita masukkan. Python siap menerima instruksi saat tanda >>> muncul. Baris kedua adalah keluaran dari masukan pada baris pertama. Kita akan bahas lebih lanjut di bagian selanjutnya.

Catatan kaki:

  • Instal: Ternyata instal dan menginstal adalah kata baku dalam Bahasa Indonesia.
  • Versi perangkat lunak: Umumnya versi perangkat lunak ditulis dalam format a.b.c dimana a, b, dan c, masing-masing adalah major, minor, dan patch. Lihat halaman Wikipedia ini.

Diterbitkan oleh

Faruq Sandi

Loves cats, computer, and linux terminal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.